NARKOBA oleh nazly




pas di sekolah saya di SMA 13 MEDAN ad penyuluhan tentang narkoba
gw ngomong2 sikit




apa sihh narkoba??
narkoba adalah zat alami maupun buatan yg bisa membuat ketergantungan , penyakit pada syaraf otak dan depresan jika di konsumsi secara berlebihan. untuk lebih jelas carik di mbah google


narkoba berasal dari kata 
NAR: narkotika 
-ganja
-opium
-putaw
-heroin


KO:psikotropica
-ekstasi
-pil koplo
-sabu


BA: bahan adiktif
-lem cap kambing
-rokok
-minuman keras


Banyak sekali sekarang yang sudah terjerumus pada narkoba yg paling rawan adalah pelajar kita di Indonesia.Kurangnya akan pengetahuan informasi tentang narkoba membuat mereka gampang terjerumus kedalamnya . apalagi maraknya bandar narkoba yg tak pernah henti menjerumuskan pelajar kita untuk mengkonsumsi narkoba


saya mau cerita
bahan narkoba yg sering di konsumsi pelajar adalah ROKOK , gw kira anak SD jugak ada yg mengkonsumsi ini . selain rokok harganya murah dan di legalkan negara kita indonesia
itu salah satu memicu kepada tahap konsumsi zat yg lebih dari rokok , gw yakin pengguna narkoba semua berawal dari kecanduan pada rokok
dan gw tidak perokok aktif dan gw gk pernah ngerokok


pertanyaannya
KENAPA NEGARA KITA ME LEGAL KAN ROKOK?
dan kenapa ganja di ilegalkan


seperti kata sesaorang tokoh terkenal ''panji'' gw pernah dengar apa yg sampaikan waktu itu , dia mendukung di legalkanya ganja 
yaa katanya yaa , karna semua berawal dari rokok dan penyebab kematian lebih banyak di sebabkan oleh rokok ketimbang ganja


gw pikir kenapa gitu kok rokok di legalkan , apa lagi bebas di jual di indonesia bebas anak kecil boleh belik ,
anak umur 10 tahun ngerokok di depan gw apa tak gawat itu
mereka butuh solusi untuk berenti kecanduan dari itu


di indonesia bebas rokok di legalkan , maunya menurut gw untuk anak di bawah umur dilarang untuk mengkonsumsi rokok atau di buat aturan tertentu untuk membeli rokok dan penggunaanya


pas gw di malaysia , gw nemenin abg gw belik rokok di tempat perbelanjaan dan itu tidak di perjual bebas ,juga di bungkus rokok itu ada gambar akibat dari merokok macam gambar penyakit kangker kulit ,kerusakan janin , dan macam2 penyakit . seakan membuat perokok agar mengurangi bahkan berhenti menjadi perokok


tidak sama dengan di indonesia , rocok bungkusnya cantik2 kok bisa bungkusnya ada selogan '' gak ngerokok gak keren''
yaa teman gw jugak sering bilang gitu , gak gw tetap gak tergoda untuk ngerokok ( ngabisi uang jajan men)


dan gw binggung dengan pemerintah ini kenapa pak rokok itu legal , kita mau mengurangi angka pengguna narkoba . mulailah dari yg kecil dulu me ilegal kan rokok gitu
yaa gw masik binggung dengan birokrasi pemerintahan sekarang


di akhir penyuluhan narkoba di sekolah gw . kita di tawarin sertifikat bahwasanya berpartisipasi dalam menjauhi narkoba , kartu member , dan juga buku mengenai narkoba
penyuluhan di selenggarakan lembaga ''letupan indonesia''
bisa di bukak di www.letupan.or.id



ini saja yg bisa gw sampein.
kurang lebihnya mohon tambah dari anak sebelah


saya nazly
WASSALAM

1 komentar:

  1. Wah, dimedan baru jalan ya sosialisasi narkoba. di tebing uda lama, hampir setahun. pertama pas dgar kartu letupannya keren, tp pas uda jadi ternyata cuma kertas tebal doank. bukan kayak atm gitu

    BalasHapus

Comment Here

Featured Post

ASAS - ASAS HUKUM DI INDONESIA

Popular Post