Cara mempercepat Komputer agar tidak Lemot

Uninstall Program yang tidak digunakan
Program yang terinstall pada komputer anda namun jarang anda gunakan, hal ini dapat mengganggu kinerja komputer. Terutama pada jenis program yang berfungsi menyimpan settingan pada registry. Kenapa? karena tiap komputer anda bekerja, registry windows pada komputer anda akan terload pada memory sehingga semakin besar ukuran file tersebut maka memory yang akan terbuang akan semakin tinggi.

Men-Defrag Hardisk
Solusi dengan cara mendefrag hardisk dapat meringankan kinerja komputer. Anda dapat mendefrag hardisk dengan mudah yaitu dengan cara masuk pada menu Properties – System Tools – Disk Defragment. Manfaat dari mendefrag hardisk ini adalah untuk menata lagi file-file dalam HDD sesuai letaknya.

Mematikan service yang tidak digunakan
Cara ini memerlukan sedikit pemahaman seputar komputer. Services adalah suatu program yang juga diload saat komputer menyala dan bekerja. Anda bisa melihatnya melalu control panel – Administrative Tools – Services. Jika komputer anda tidak pernah terhubung dengan jaringan koneksi internet, maka ada service yang harus anda non aktifkan seperti Windows Time, dll.

Jangan gunakan Skin Windows
Hal ini sangat berpengaruh sekali ketika komputer bekerja. Penggunaan skin-skin windows yang berlebihan akan dapat sangat membuat komputer anda bekerja secara lemot/lambat, kecuali jika komputer anda memiliki spesifikasi yang mampu untuk menjalankannya. Saran saya, gunakan saja Theme/Skin asli windows bawaan yang sudah tersetting.

Gunakan Antivirus
Virus merupakan salah satu momok yang dapat menyebabkan komputer anda berjalan dengan lambat. Oleh karena itu, gunakan antivirus untuk melindungi komputer anda dari Virus, Spyware atau sejenisnya. Banyak sekali pilihan antivirus yang dapat kita manfaatkan seperti, smadav, avira, NOD32, MSE, dll. Dan rajin-rajinlah anda untuk men-scan komputer anda.


source:http://www.mejabaca.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment Here

Featured Post

ASAS - ASAS HUKUM DI INDONESIA

Popular Post